Halaman

Kamis, 22 Desember 2011

Belajar Sejarah Sambil Bermain Yuukkk.......

Pembelajaran sejarah yang identik ( menurut siswa-red)  dengan pelajaran yang menemukan, membuat ngantuk, membosankan. Hal ini menuntut guru-guru sejarah agar mencari upaya agar siswa bisa menikmati selama guru memberikan materi sejarah. Salah satu upaya yang bisa diambil adalah dengan menerapkan model belajar sambil bermain. Model pembelajaran ini, selain untuk menyampaikan materi yang menjadi tujuan utamanya, juga untuk memberikan hiburan bagi siswa yang selama belajar sejarah identik dengan ceramah. Salah satu permainan yang bisa dicoba adalah MAKE  A MATCH ( mencari pasagan ). Bagaimanakah melaksanakan permainan ini ? Berikut adalah urut-urutannya :
BAHAN-BAHAN :
a. Kertas karton yang memiliki warna berbeda
b. Gunting
c. Soal-soal dan jawaban
d. Peluit ( bisa diganti yang lain)
1. Siapkan pertanyaan/konsep dan jawabannya, yang ditulis pada kertas karton ( bisa menggunakan karton bekas) kalau bisa berwarna warni. Kertas ada dua macam yaitu kertas soal dan kertas jawaban.
2. Bahan adalah materi yang sudah disampaikan atau bisa juga yang belum diterangkan, prinsipnya dalam permainan ini siswa akan belajar bagaimana mencari jawaban dari konsep yang mereka miliki.
3. Bagikan kertas yang berisi konsep/pertanyaan kepada setengah dari siswa di kelas begitu juga dengan kertas yang berisi jawabannya.
4. Perintahkan siswa untuk mencari pasangan dari soal yang telah mereka terima dengan jawaban yang sudah dipegang temannya.
5. Jika ada siswa yang sudah menemukan pasangannya, suruh mereka untuk memisahkan diri menunggu teman lain yang belum menemukan pasangannya
6. Setelah semua siswa menemukan pasangannya, siswa diminta membacakan pernyataan dan jawabannya secara bergantian. Siswa yang lain bisa memberikan tanggapan apakah soal dan jawabannya sudah benar atau masih salah. Begitu seterusnya hingga semua siswa mendapat kesempatan membacakan soal dan jawaban yang telah mereka pegang.
7. Guru memberikan kesimpulan dari permainan sekalgus membahas soal yang mungkin dianggap masih belum tepat jawabannya.
Dengan permainan MAKE A MATCH ini, terbukti siswa lebih fun, gembira tanpa harus merasa bosan dengan pembelajaran sejarah. Namun yang perlu diingat tujuan utama permainan adalah tetap menyampaikan materi, jadi jangan sampai aspek hiburannya lebih kuat. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru sejarah. Selamat mencoba. Berikut foto-foto kegiatan permainan MAKE A MATCH :



Tidak ada komentar: